Pengelolaan Limbah Medis Klinik Sentra Sunat

news_limbah_medis

Setiap aktifitas medis akan menghasilkan buangan yang disebut “limbah medis”. Dan limbah medis yang dihasilkan tersebut harus sesegera mungkin diolah karena dapat mengganggu bahkan membahayakan manusia maupun lingkungan. Limbah medis dapat diklasifikasikan berdasarkan potensi bahaya yang terkandung di dalamnya ataupun berdasarkan bentuknya. Klasifikasi limbah medis tersebut antara lain :

– Limbah benda tajam yaitu alat yang memiliki sudut tajam, sisi, ujung atau bagian menonjol yang dapat memotong atau menusuk kulit, contohnya : jarum suntik, pisau bisturi, pecahan botol ampul, dll.
– Limbah patologis yaitu jaringan atau potongan tubuh manusia dan darah, contohnya : foreskin, preputium atau kulit kulup.
– Limbah farmasi yaitu limbah yang mengandung bahan farmasi, contohnya : obat-obatan yang sudah kadaluwarsa atau tidak diperlukan lagi.

Klinik Sentra Sunat berkewajiban menjaga lingkungan agar tetap aman dan sehat, sehingga Klinik Sentra Sunat kemudian bekerjasama dengan perusahaan PMA pengelola limbah medis yang professional agar limbah medis yang dihasilkannya dapat dikelola secara baik dan efisien (FH).